Kamis, 15 September 2016

Sistem Informasi Mengenai KFC





Hi Sobat Blogger Hari ini saya akan meninformasikan tentang sistem informasi KFC yang mana kita tahu tetapi tidak mengerti bagaimana sih sistem di dalam nya maka dari itu hari ini saya akan membagikan nya kepada sobat semua.
Setelah pulang kuliah, Saya mengajak teman teman berkumpul di depan gang bandi untuk membicarakan tentang tugas sistem informasi di lingkungan sekitar yang mengharuskan kami untuk mencari sistem tersebut. Tugas ini diberikan dosen kepada kami. Setelah berbincang-bincang selama kurang lebih 20menit pada akhirnya kita memutuskan memilih sistem informasi yang digunakan di KFC (Kentucky Fried Chicken).
KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari yum! Brands, Inc., yang bermarksbdi Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sandres, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton.
Dan pada akhirnya kami mengunjungi KFC tersebut yang berada tidak jauh dari kediaman kamu. Yaitu tepatnya di Cimahi Mall. Dan berikut adalah pertanyaan yang diberikan oleh dosen kami, yaitu;
1.nama sistem informasi
2.dimana anda temukan sistem informasi teraebut
3.siapa saja yang terkait denga sistem informasi tersebut
4.bagaimana sistem itu berjalan
5.dokumentasikan sistem informasi tersebut
Dan berikut adalah jawaban yang kamu dapat;
1.sistem yang digunakan oleh KFC oleh  KFC adalah sebagai berikut:
A) Operating Support System
B) Transaction Processing System (TPS)
C)Enterprise Collaboration System (ECS)
D)Management Support System
E) Management Information System (MIS)
F) Decision Support System (DSS)

2.di media online
3.a) Operating Support System
untuk keperluan internal dan eksternal yang menunjang kegiatan operasi, selain itu peranan sistem informasi untuk operasi bisnis adalah untuk memproses transaksi bisnis, mengontrol proses industrial, dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor.

 B)Transaction Processing System (TPS)
untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing systems). TPS mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. TPS yang digunakan KFC adalah sistem Point of Sale, yaitu sistem yang menggunakan cash register untuk menyimpan dan mengirim data input penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubung dengan computer pusat dan dapat diproses secara cepat dan secara periodik. Pada prinsipnya pesanan pelanggan diterima oleh sistem dan akan dicatat oleh makaline station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Kemudian pesanan akan diprses langsung oleh dapur dengan transaksi hardcopy sebagai perintah kerja, semua data transaksi ini akan disimpan dalam file server dan dipantau langsung oleh headquarter melalui jaringan WAN
C) Enterprise Collaboration 
untuk para konsumen baik itu konsumen yang reguler ataupun konsumen baru dengan memasukkan kode pin untuk mengetahui jaringan Pizza Hut dan KFC terdekat. Menu yang kedua adalah demonstrasi pembelian, layanan ini disediakan bagi para pelanggan untuk mencoa melakukan pemesanan online sebelum melanjutkan kedalam transaksi sebenarnya. Dan yang ketiga adalah help features yakni cara perusahaan untuk berkomunkasi dengan pelanggan melalui email dan telepon bebas pulsa. Dengan adanya hal ini maka secara tidak langsung Pizza Hut dan KFC telah melakukan pendekatan terhadap konsumennya, karena bukan tidak mungkin dengan customer relation management yang dilakukan Pizza Hut dan KFC akan menciptakan loyalitas tersendiri.
D) Management Information System (MIS)
MIS yang digunakan KFC untuk pengambilan keputusan.

E) Decision Support System (DSS)
 untuk dapat memonitor performance sistem secara langsung dan interaktif, yang dilengkapi dengan management tool analysis dalam memprediksi bisnis dan manajemen tersebut.

4. Dari mulai tingakatan yang paling tinggi sampai ke bagian yang lebih kecil. Dan contoh yang kita ambil berasal dari KFC. Di KFC tingkatan yang paling tinggi berasam dari pusat lalu disalurkan ke cabang-cabang terdekat.
 Beberapa dokumentasi yang saya ambil pada saat melakukan wawancara di KFC :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar